Selasa, 01 Maret 2011

Rumah sehat terpadu (RST)

Tentang RST

Kesehatan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat, bahkan bagi masyarakat miskin kesehatan menjadi barang yang sangat mahal. Kata "Sakit" dan "Masuk Rumah Sakit" menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian saudara-saudara kita. Selain tak memiliki biaya, sulit bagi mereka untuk mendapatkan akses layanan kesehatan yang benar-benar gratis dari rumah sakit.

Untuk itu, pada tahun 2001, Dompet Dhuafa Republika mendirikan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Ciputat, guna memberikan akses layanan kesehatan yang layak dan optimal secara gratis bagi kaum dhuafa (masyarakat miskin). Saat ini lebih dari 440.000 kaum dhuafa telah terlayani oleh LKC.

Dalam perjalanannya, di tahun 2007, Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Masjid Agung Sunda Kelapa mendirikan Rumah Sehat Sunda Kelapa dan tercatat 200.000 member kaum dhuafa sudah mendapatkan layanan ini secara cuma-cuma.

Dan untuk lebih meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada kaum dhuafa, Dompet Dhuafa Republika berinisiasi membangun Rumah Sehat Terpadu (RST) Zona Madina. RST ini berada diatas lahan wakaf seluas 7.803 m2 di Desa Jampang Kec. Kemang, Bogor Jawa Barat.

Rumah Sehat Terpadu mengandung makna pengertian rumah yang yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan dengan mengutamakan suasana lingkungan sehat, nuansa islami dan mengoptimalkan doa untuk kesembuhan para pasiennya.

RST adalah sebuah model rumah penyembuhan yang memberikan pelayanan kesehatan secara Cuma-Cuma untuk kaum dhuafa. Layanan yang diberikan kepada pasien dengan pendekatan kehangatan keluarga, kecepatan layanan, kecepatan professional dan dengan sentuhan hati. Dari sinilah diharapkan lahir model layanan kesehatan yang dananya dibiayai seluruhnya dari dana zakat, infak/sedekah serta wakaf.

Tujuan utama pembangunan RST adalah meningkatkan jumlah pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin, mengintegrasikan seluruh layanan kesehatan yang kedalam satu manajemen Rumah Sehat Terpadu, mengurangi biaya rujukan pasien ke Rumah Sakit Pemerintah serta membangun paradigma pelayanan kesehatan profesional non profit.

Kebutuhan dana pembangunan RST yang mencapai Rp. 25 milyar diharapkan dapat diperoleh dengan mengoptimalkan potensi wakaf masyarakat baik individu ataupun lembaga.



PROPOSAL RUMAH SEHAT TERPADU (RTS) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi temen2 yang sudah baca artikel ini, diharapkan bisa meninggalkan komentarnya yaa. semoga kedepan saya bisa jadi lebih baik membagi setiap pengalaman.

terima kasih
Regard' Rosa Putri